Seri Ilustrasi ‘Pikir’: Kembali Menelaah Diri

 In Ulasan

Dulu sering terlihat seorang ibu berbincang dengan anaknya yang masih kecil dengan mempertanyakan hal-hal yang ada pada dirinya, seperti “Coba kasih tau yang mana mata?”, lalu sang anak menunjukkan anggota tubuh yang dimaksud dan disambut gembira oleh sang ibu. Lalu pada tahap perkembangan anak, mungkin kita tidak asing dengan sebuah nyanyian “kepala-pundak-lutu-kaki-lutut-kaki” ketika bermain bersama teman atau “ainun mata udzunun telinga…..” ketika di sore hari beberapa dari kita mengikuti kegiatan belajar bahasa Arab di masjid sekitar tempat tinggal. Sejatinya, mengenal diri sendiri harus ditanamkan kepada anak  sebelia mungkin.

Dalam seni perang Sun Tzu, jika kita mengenal diri sendiri dan mengenal siapa musuh yang akan kita hadapi, maka kita tidak perlu mengkhawatirkan hasil dari 100 pertempuran. Begitu pula dalam hidup ini, seorang manusia sepatutnya mengenal dengan baik dirinya sendiri dan lingkungan tempat dia hidup, karena hal tersebut adalah modal utama dalam menjalani kehidupan. Dalam meneliti dan mengenal diri sendiri, maka tubuh dapat dimisalkan sebagai suatu kerajaan. Kemudian roh sebagai raja yang berkuasa dan dialah yang mengatur segala kehendak yang akan dilakukan oleh tubuh. Jasmani atau tubuh adalah sebagai suatu kerajaan; yang dimana disama-artikan dengan sebuah kesatuan yang memiliki bentukan yang nyata.

Rangkaian penyusun itu terdapat atas miliaran sel yang memiliki peranannya masing-masing. Maka tak ayal ketika manusia itu adalah sebuah mikrokosmos, yakni dunia kecil dalam dirinya sendiri. Bicara soal diri sendiri, terutama dalam konteks tubuh yang sesungguhnya, merupakan sebuah hal yang tidak ada habisnya untuk dibicarakan.

 Dalam perhelatan Festival Karya Mahasiswa Jakarta 32°C 2016 silam, terdapat satu karya yang menarik untuk disimak, yakni karya berjudul “Pikir”. Karya tersebut merupakan buah tangan mahasiswa jurusan DKV Universitas Bunda Mulia bernama Vicky Saputra. Karya tersebut terangkai atas tujuh buah ilustrasi yang menggambarkan bagaimana sebuah tubuh memiliki kaitan erat dengan sang empunya tubuh, yaitu dirinya sendiri. Bagaimana yang satu dan yang lainnya saling berkaitan, menciptakan harmoni, juga menciptakan banyak tanda tanya besar yang mungkin hanya dirinya sendiri yang tahu atas jawabannya.

Vicky mengurut segala macam anggota tubuh dan menyusunnya berdasarkan konteks yang ia kemukakan. Pikir. Bagaimana sepatutnya seorang manusia mempertanggungjawabkan diri atas tubuhnya sendiri, toleransi, antisipasi, juga refleksi ke dalam kehidupan yang sedang dijalani. Rangkaian ilustrasi ini membuat para penikmatnya harus sedikit berpikir untuk menginterpretasikan hal yang telah Vicky coba sampaikan.

Cobalah menelusuri artian dari ilustrasi yang terdiri atas rangkaian anatomi seperti tulang pinggul, beberapa potongan tulang rusuk, serta dua buah rangkaian tubuh dari tulang pinggul ke bawah yang berpasangan. Lalu kedua bagian kakinya tepat berada di tengah ruang kosong berisi sebuah otak besar pada tulang pinggul. Dapatkah kamu mengartikannya? Menurut Vicky, melalui salah satu karyanya ini, ia berusaha menyampaikan tentang pewarisan sifat dan pola pikir dari orang tua yang masing-masing dari keduanya memiliki cara dan pola berpikirnya masing-masing. Menyatu menjadi individu baru yang kelak akan menyatukan otaknya dengan otak pasangan lain. Hingga akhirnya terbentuk pola dan mengulangi pewarisan yang sama. Menarik. Dari sini sebenarnya bisa terlihat bahwa semakin kita mencoba mengenali diri sendiri, ternyata banyak hal besar yang dapat ditelusuri, karena kita sendiri terkait dengan pola pikir kita terhadap diri sendiri dan orang lain.

Penjabaran di atas hanya sebagian kecil dari rangkaian karyanya yang masih menyimpan tanda tanya besar. Mungkin, karya ini sebenarnya adalah sebuah pertanyaan besar bagi dirinya sendiri. Kemudian, ia mengajak kita untuk ikut berpikir dan bersepakat paham dengannya.

Recent Posts

Leave a Comment

Kontak Kami

Segera dibalas ya...

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

X