TARKAM A.K.A.P: Semarang

 In Catatan

Pada 24-25 Mei 2017, Komplotan Jakarta 32° C bersama Siasat Partikelir menyelenggarakan TARKAM A.K.A.P (Tarung Kampus Antar Kota Antar Provinsi) di 13 kota se-Indonesia: Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Lampung, Pekanbaru, Medan, Padang, Palembang, Makassar dan Samarinda. TARKAM A.K.A.P dibagi menjadi 3 sesi, yaitu diskusi di hari pertama, serta lokakarya dan TARKAM di hari kedua.  Acara ini dipandu oleh 13 seniman untuk masing-masing kota.

TARKAM A.K.A.P diharapkan dapat memetakan skena anak muda dan kesenian di kotanya masing-masing. Kami mewawancarai setiap seniman/pemateri di kota kunjungannya, berikut catatan pengalaman mereka.

TARKAM A.K.A.P Semarang diadakan di Sirkel Space. Di hari Rabu, Sigit Budi Santoso selaku pemateri acara memandu diskusi mengenai strategi bertahan hidup kolektif. Diskusi ini diikuti oleh teman-teman yang tergabung di komunitas atau kelompok ragam fokus, yaitu: Bring No Clan, Impala Space, Karamba Art Movement, Hysteria, Sineroom, Kuda Lari Project, dan Rekam Suara.

Diskusi strategi bertahan hidup kolektif bersama Sigit Budi Santoso (tengah, yang sedang memegang mic), Rabu (24/5).

Sirkel Space merupakan ruang baru yang dikelola oleh beberapa kolektif di Semarang, maka dari itu, diskusi banyak membincangkan strategi bertahan hidup kolektif, siasat menggunakan ruang, serta gambaran-gambaran program yang bisa diadakan. Tak lupa strategi pendanaan kolektif dengan membuka kerjasama dengan pemerintahan lokal, LSM, sampai perseorangan, serta penjualan karya dan merchandise. Sirkel Space berdiri baru satu minggu terhitung TARKAM A.K.A.P diadakan, tak heran kalau para pengelola mengemban banyak pekerjaan rumah.

Salah satu hasil lokakarya zine.

Lokakarya membuat zine tidak diikuti oleh banyak orang. Para peserta banyak mengangkat isu-isu Ibu Kota terkini. Mereka juga mengulas band-band Semarang, serta memuat kabar-kabar kota terkini. Dikarenakan peserta yang sangat sedikit, TARKAM tidak dijalankan.

 

Dokumentasi: Komplotan Jakarta 32° C

Recommended Posts

Leave a Comment

Kontak Kami

Segera dibalas ya...

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

X