TARKAM A.K.A.P: Denpasar

 In Catatan

Pada 24-25 Mei 2017, Komplotan Jakarta 32° C bersama Siasat Partikelir menyelenggarakan TARKAM A.K.A.P (Tarung Kampus Antar Kota Antar Provinsi) di 13 kota se-Indonesia: Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Lampung, Pekanbaru, Medan, Padang, Palembang, Makassar dan Samarinda. TARKAM A.K.A.P dibagi menjadi 3 sesi, yaitu diskusi di hari pertama, serta lokakarya dan TARKAM di hari kedua.  Acara ini dipandu oleh 13 seniman untuk masing-masing kota.

TARKAM A.K.A.P diharapkan dapat memetakan skena anak muda dan kesenian di kotanya masing-masing. Kami mewawancarai setiap seniman/pemateri di kota kunjungannya, berikut catatan pengalaman mereka.

TARKAM A.K.A.P Denpasar diadakan di Kohi: Bali Vintage and Retro, Nakula Timur, Bali. Sesi ini dipandu oleh Adel Pasha dan diikuti oleh mahasiswa film, desain, dan musik. Sebagian besar dari peserta merupakan mahasiswa dan alumni Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

Sesi lokakarya seni video bersama Adel Pasha (kanan), Kamis (25/5).

Di sesi diskusi, Rabu (24/5), peserta banyak membincangkan nihilnya jejaring, komunitas atau wadah untuk berkegiatan kesenian, mereka hanya membentuk grup-grup kecil di kampusnya. Ruang kumpul kreatif atau galeri di Denpasar didominasi oleh seniman-seniman besar atau seniman-seniman luar Bali yang dianggap menguntungkan. Mereka harus berjuang menciptakan ruang serta gerakannya sendiri. Padahal, tak jarang mereka bertandang ke pameran-pameran. Tidak adanya jejaring menyebabkan daerah-daerah di Bali seperti Ubud, Canggu, Kuta, dan Denpasar terbagi-bagi dengan massanya sendiri.

Suasana lokakarya seni video.

Di sesi lokakarya video, Kamis (25/5), peserta banyak mengangkat isu-isu lokal seperti bahasa dan budaya. Namun, sebagian besar masih terjebak di trend terkini tanpa menganalisanya secara kritis. Tema-tema ini diangkat juga di sesi selanjutnya, yaitu TARKAM. Ada pun dari peserta yang mempresentasikan karya tugasnya.

 

Dokumentasi: Komplotan Jakarta 32° C

Recommended Posts

Leave a Comment

Kontak Kami

Segera dibalas ya...

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

X