TARKAM A.K.A.P: Medan

 In Catatan

Pada 24-25 Mei 2017, Komplotan Jakarta 32° C bersama Siasat Partikelir menyelenggarakan TARKAM A.K.A.P (Tarung Kampus Antar Kota Antar Provinsi) di 13 kota se-Indonesia: Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Lampung, Pekanbaru, Medan, Padang, Palembang, Makassar dan Samarinda. TARKAM A.K.A.P dibagi menjadi 3 sesi, yaitu diskusi di hari pertama, serta lokakarya dan TARKAM di hari kedua.  Acara ini dipandu oleh 13 seniman untuk masing-masing kota.

TARKAM A.K.A.P diharapkan dapat memetakan skena anak muda dan kesenian di kotanya masing-masing. Kami mewawancarai setiap seniman/pemateri di kota kunjungannya, berikut catatan pengalaman mereka.

TARKAM A.K.A.P Medan diadakan di ruang baru bernama Platform 1. Sesi ini dipandu oleh Gelar Soemantri dan diikuti oleh mahasiswa salah satunya dari Universitas Sumatera Utara. Peserta datang dari ragam bidang, seperti fotografi, kesehatan masyarakat, dan arsitektur.

Sesi diskusi bersama Gelar Soemantri (pojok kanan atas).

Sesi diskusi banyak membicarakan keorganisasian serta strategi bertahan hidup kolektif, Rabu (24/5), terutama karena Platform 1 sendiri merupakan ruang yang baru dibentuk. Dengan semangat yang baik, dan kesadaran publik akan kegiatan seni sudah cukup baik, para pegiat seni Medan berpotensi mengadakan praktik-praktik kolaboratif. Mereka juga harus menemukan strategi keorganisasian berkelanjutan di kotanya sendiri karena masih merujuk pada praktik-praktik di Jakarta.

Salah satu peserta di lokakarya seni video, Kamis (25/5).

Para peserta sendiri masih cukup awam dengan seni video. Melalui lokakarya, Rabu (24/5), peserta diajak untuk memaksimalkan fitur-fitur yang ada di gadgetnya masing-masing. Mereka juga banyak menggunakan fitur yang ada di media sosial, seperti Instagram Boomerang. Di lokakarya ini mereka banyak merespons lingkungan dan bangunan kota. Secara kekaryaan, mereka memang masih sangat personal dan mementingkan segi estetisnya saja.

 

Dokumentasi: Komplotan Jakarta 32° C

Recommended Posts

Leave a Comment

Kontak Kami

Segera dibalas ya...

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

X