TARKAM A.K.A.P: Yogyakarta

 In Catatan

Pada 24-25 Mei 2017, Komplotan Jakarta 32° C bersama Siasat Partikelir menyelenggarakan TARKAM A.K.A.P (Tarung Kampus Antar Kota Antar Provinsi) di 13 kota se-Indonesia: Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Lampung, Pekanbaru, Medan, Padang, Palembang, Makassar dan Samarinda. TARKAM A.K.A.P dibagi menjadi 3 sesi, yaitu diskusi di hari pertama, serta lokakarya dan TARKAM di hari kedua.  Acara ini dipandu oleh 13 seniman untuk masing-masing kota.

TARKAM A.K.A.P diharapkan dapat memetakan skena anak muda dan kesenian di kotanya masing-masing. Kami mewawancarai setiap seniman/pemateri di kota kunjungannya, berikut catatan pengalaman mereka.

TARKAM A.K.A.P Yogyakarta diadakan di  liBStud/liBSpace, Nologaten. Sesi ini dipandu oleh Reza Afisina dan diikuti oleh mahasiswa yang menempuh pendidikan seperti multimedia, informatika, teknik, dan penyiaran. Kebanyakan aktif berkegiatan di Unit Kegiatan Mahasiswa di kampusnya. 

Lokakarya seni video bersama Reza ‘Asung’ Afisina (kanan, yang berdiri), Kamis (25/5).

Para peserta memiliki pengalaman mengolah visual dengan ragam pendekatan multimedia, maka dari itu, mereka relatif terbiasa dengan fotografi, video, desain grafis, dan media lain. Di sesi lokakarya seni video, peserta banyak bereksperimen dan bereksplorasi secara visual. Secara umum mereka mengangkat tema keseharian dan domestik seperti lingkup perumahan, pertemanan, juga isu-isu kampus. Namun, mereka tidak memiliki pendekatan kritis dan signifikan jika membicarakan isu kota, hal ini mungkin disebabkan oleh latar belakangan mereka.

Foto bareng!

Temuan menariknya adalah jangkauan jejaring baru di wilayah utara kota Yogyakarta. Berbeda dengan lingkup selatan yang memang didominasi oleh seniman-seniman pada umumnya. liBStud/liBSpace sendiri mampu memediasi peserta yang terbilang masih baru dalam mengikuti lokakarya seni video serta memberi pengalaman artistik baru bagi peserta. Sesi ini mampu mempertemukan para peserta dan membentuk jejaring kerja kreatif baru.

 

Dokumentasi: Komplotan Jakarta 32° C

Recommended Posts

Leave a Comment

Kontak Kami

Segera dibalas ya...

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

X